Kangen Kuliah

 Saya merindukan suatu suasana: Perkuliahan.

Rasanya seperti munafik untuk mengatakan, "saya rindu masa kuliah." Bagi diri saya yang dulu masih semester satu dan belum beradaptasi dengan dunia perkuliahan, merindukan kuliah adalah hal yang jauh-jauh dari hidup saya.

Tapi saya berubah, saya bukan Jagad yang dulu masih semester satu. Saya adalah Jagad yang telah lulus dan memang merindukan kuliah.

Saya pikir, saya merindukan bukan berarti menyesali sesuatu yang telah terjadi pada masa perkuliahan. Saya merindukan suasana tersebut karena apa yang sudah saya lewati, saya merasa terkesan.

Baru-baru ini, pada tulisan saya sebelumnya, saya pernah menyinggung tentang kuliah filsafat yang ada pada suatu kanal Youtube. Dalam waktu luang dan tengah lelah membaca buku. Saya menyempatkan untuk mendengarkan kuliah tersebut. Saya sedang mengikuti kuliah hermeneutik sekarang.

Perkuliahan tersebut saya ikuti dengan memasang earphone di telinga saya. Yang terjadi ketika saya mengikutinya, saya seperti terbawa ke dalam perkuliahan itu adalah saya tiba-tiba merasakan bagaimana serunya kuliah. Saya mendapatkan sebuah pengertahuan, informasi, dan relasi baru dengan teman-teman kuliah.

Ketika mendengarkan kuliah tersebut, saya bisa merasakan suasana dalam gedung kuliah saya dulu. Gedung yang setelah saya kembali lagi ke kampus ternyata sudah direnovasi itu, saya mengingat betul bagaimana perasaan saya duduk di kursi dalam gedung tersebut, letak jendelanya yang ada dekat dengan langit-langit, bagaimana udara yang dingin karena langit-langitnya yang tinggi memungkinkan banyak udara bergerak dalam ruangan meskipun tidak ber-AC. 

Berkali-kali saya sering menoleh-noleh. Mengamati dari lantai yang tengah saya pijak sampai pada lantai yang tidak dapat saya lihat lagi. Saya menoleh-noleh sekeliling untuk melihat bagaimana teman-teman saya yang berada pada kelas tersebut. Saya juga menoleh-noleh ke atap langit-langit (ini tidak pernah lupa). Maka saya juga bisa mengingat bagaimana langit-langit gedung lama itu sedikit kotor pada beberapa bagian. Ah, saya tidak tahu bagaimana kondisinya setelah direnovasi.

Selanjutnya, saya banyak merindukan juga masa-masa kuliah diluar. Seperti waktu saya mengikuti kegiatan Kampus Mengajar dan bertugas di Cianjur, Jawa Barat. Saya juga merindukan masa-masa KKN saya di daerah selatan Malang. Tapi untuk dua itu, saya akan menceritakannya nanti dilain kesempatan.

Saya benar-benar merindukan suasana kelas sekarang. Saya merindukan mendapatkan pengetahuan baru yang dibagikan dosen. Saya merindukan canda dengan teman-teman dan merencanakan ingin pergi ke kantin untuk makan berbagai menu. Saya juga merindukan gedung dan kelas-kelas yang digunakan saat perkuliahan.

Ah, sudah, terima kasih. Saya mau melanjutkan mengikuti perkuliahan Youtube tersebut, siapa tahu dapat sedikit mengobati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jika Saja Tuhan Bertanya

Ujung Hidungmu

Perempuan dalam Mimpi